Pada saat kita membuat naskah dengan
menggunakan Microsoft Office Word, terkadang sering terjadi kesalahan dalam
proses penulisan. Kesalahan itu bisa saja terjadi karena kita yang keliru
mengetiknya, atau kesalahan itu terjadi karena pengaturan dalam program itu
yang belum kita atur sebelumnya.
Salah satu kesalahan yang terjadi
karena fasillitas dalam Microsoft Office Word yang belum kita atur adalah AUTOCORRECT.
Apakah
AutoCorrect itu????
Pada postingan kali ini saya berusaha
membahas fasilitas AutoCorrect, yang kadang oleh banyak pengguna tidak
diperhatikan sehingga membinggungkan dalam proses pengetikan atau penulisan.
AutoCorrect adalah fasilitas yang dimiliki
Microsoft Office Word untuk memperbaiki kesalahaan ejaan pada saat kita
mengetik.
Contoh:
saat kita mengetik kata “Teh” maka pada saat kita menekan spasi, kata tersebut
berubah menjadi kata “The”. Ada lagi misalnya kita mengetik kata “tabel”,
setelah menekan spasi kata itu berubah menjadi “Table”.
Kesalahan-kesalahan sebagaimana
kejadian di atas kalau jumlahnya banyak akan sangat membinggungkan dan
menjengkelkan.
Bagaimana
cara mengatasinya????
Pertama, di dalam Microsoft Office Word 2007
silahkan anda klik Office Button—gambar jendela windows yang berada di sebelah
kanan atas tampilan Microsoft Office Word. Untuk lebih jelas lihat gambar yang
dilingkar merah berikut ini:
Selanjutnya
akan ditampilkan isi dari ikon tersebut, pilih dan klik Word Options, sebagai
berikut:
Kedua, setelah di klik word options,
selanjutnya muncul tampilan dialog word options.
Ketiga, klik sub menu/pilihan
Proofing>>>klik autocorrect options>>maka akan di tampilkan
dialog Autocorrect options.
Untuk
lebih jelas lihat gambar berikut:
Keempat, setelah di klik autocorrect options
(sebagaimana gambar diatas), maka akan ditampilkan dialog Autocorrect.
Selanjutnya,
cari sub tab perintah Replace text as you
type, klik perintah itu untuk menghilangkan tanda centang. Atau cari text dalam tabel di bawahnya
kemudian pilih dan klik delete, maka text yang dimaksud akan hilang
Kelima, selanjutnya klik OK, dan dicoba pada
dokumen maka kata itu sudah tidak lagi berubah.
Selain fungsi diatas, fungsi lain dari Autocorrect adalah
memasukkan kata atau karakter sehingga mempermudah dan mempercepat proses
penulisan. Jadi kita cukup menuliskan beberapa huruf sesuai yang dimasukkan
kemudian tekan spasi akan muncul kata selengkapnya sebagaimana yang sudah
dimasukkan.
Contoh:
dalam dokumen itu kita sering menulis kata atau kalimat “Microsoft Office”,
supaya tidak perlu menulis lengkap kalimat itu cukup tulis dengan kata ”ms”
selanjutnya tekan spasi maka dengan otomatis akan muncul kata Microsoft Office.
Caranya
sebagaimana berikut.
Ø Pada posisi dialog
Autocorrect terbuka.
Ø Biarkan
replace text as you type dalam keadaan tercentang
Ø Masukkan
kata yang dijadikan simbol pada sub Replace
Ø Masukkan/Ketik
kata yang dijadikan perpanjangan dari replace
Ø Setelah
selesai klik ADD di bagian bawah
Ø Setelah
semua se;esai diatur klik OK
Selanjutnya,
silahkan anda coba sendiri, semoga bahasan ini berguna dan bermanfaat, kurang
dan lebihnya mohon komennya yaaaa trims
0 comments :
Post a Comment